Lima Jam Di Atas Ranggajati 101 Jurusan Surabaya – Yogyakarta

Diberitahukan kepada para penumpang Kereta Api Ranggajati jurusan Surabaya – Cirebon di jalur lima untuk segera bergegas dikarenakan lima belas menit lagi kereta akan berangkat, begitulah kira-kira himbauan dari petugas stasiun.

Pagi itu, Rabu, 23/05/2018, saya mengawali perjalanan ke Jogjakarta melalui jalur darat dengan layanan kereta api. Bisa dibilang ini pengalaman kedua baik itu naik kereta api maupun berkunjung ke kota yang penuh dengan nuansa nostalgia, Jogjakarta.

Saya sampai tidak menyangka bahwa saya akan melangsungkan perjalanan hebat ini. Mengingat rangkaian acara yang akan saya hadiri sangat mendadak. Bermula ketika pesan singkat dari Darian, ketua KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo), tampil di layar handpone saya. Dia mengajak saya ke Jogja untuk menghadiri acara Pesta Rilis BlankOn XI Uluwatu yang akan diselenggarakan di AMIKOM, DIY. Tentu ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan namun tentu harus dengan izin orang tua.

Beruntung orang tua langsung menyetujuinya, jadi sudah diputuskan hari Rabu, jam 7:00 saya sudah harus sampai di rumah Darian, kita akan berangkat bersama ke Stasiun Gubeng Baru dan harus sudah sampai pada jam 8:45, karena kereta Ranggajati dengan nomor 101 berangkat menuju Jogja tepat jam 9:15.

Sesampainya di Stasiun Gubeng Baru, kami langung mencetak tiket kereta, setelah itu melakukan pemeriksaan identitas ke petugas dan menuju ke ruang tunggu kereta.

Ruang tunggu kereta di Stasiun Gubeng

Kami menunggu kereta api Ranggajati 101 di jalur lima, hanya berselang beberapa menit kemudian petugas bandara menyerukan pemberitahuan bahwa penumpang kereta api Ranggajati sudah diperkenankan memasuki kereta. Tidak lama kemudian berangkatlah kereta menuju ke Jogjakarta.

Tidur bukan pilihan utama, pengalaman pertama saat naik kereta api menuju Jogja sangat disayangkan untuk dilewatkan. Saya nikmati perjalanan dengan sebaik-baiknya, mendengarkan music dari earphone, melihat pemandangan, sampai tidak terasa mata mulai meredupkan cahayanya. Saya tertidur, mungkin karena terlalu menikmati perjalan ini.

Mohon perhatian, kereta api Ranggajati akan tiba di statiun Mojokerto. Bagi anda yang akan mengakhiri perjalanan di stasiun Mojokerto kami persilahkan untuk mempersiapkan diri. Periksa dan teliti kembali barang bawaan anda jangan sampai ada yang tertinggal. Untuk keselamatan anda tetaplah berada di tempat duduk sampai kereta berhenti dengan sempurna. Terimakasih atas kepercayaan anda menggunakan jasa layanan kereta api Indonesia, sampai jumpa pada perjalanan berikutnya.

Suara pengumuman terdengar ketika kereta api akan memasuki sebuah stasiun pemberhentian. Saya terjaga dari lelapnya tidur dan tidak dapat tidur kembali sampai beberapa stasiun terlewati.

Sesampainya di stasiun Madiun, kereta kembali berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Kesempatan ini saya gunakan untuk bergeser ke tempat duduk sebelah yang lebih luas untuk sekedar merenggangkan otot. Tak lama kemudian, kereta berangkat kembali. Saat ini posisi saya langsung berdekatan dengan jendela, sehingga dapat melihat pemandangan secara langsung. Madiun berlalu dengan cepat.

Swafoto di KA Ranggajati 101

Garis perbatasan provinsi yang terlihat dari aplikasi peta digital dilewati dengan mulus oleh KA Ranggajati. Kereta kembali berhenti di Stasiun Sragen untuk beberapa saat dan melanjutkan kembali perjalanan menuju stasiun Solo Balapan, Klaten, melewati Bandar Udara Internasional Adisutjipto hingga akhirnya sampailah di stasiun Yogyakarta.

Nuansa klasik khas Kota Kejawen, Yogyakarta, menyambut kami dengan suka cita, deretan becak-becak terparkir rapi, delman-delman berlalu-lalang, menaikkan dan menurunkan penumpang. Tentaram dan damai. Itulah sekelebat rasa yang menggambarkannya.

Deretan becak terparkir dengan rapi di depan Stasiun Jogja

Rintikan air hujan mengiringi kami ketika menuju ke penginapan. Inilah Yogyakarta yang damai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.