Menjelang Akhir Ramadhan, Pengurus Takmir Masjid Baitul Mukmin Adakan Acara Berbuka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim

Hari ini, 10/06/2018 yang bertepatan dengan malam ke-27 bulan ramadhan, pengurus ta’mir masjid Baitul Mukmin beserta remas (remaja masjid) mengadakan acara berbuka puasa bersama dan santunan terhadap anak yatim yang ada di wilayah Dusun Suruh, Desa Suruh, Kec. Sukodono.

Saya mendapatkan undangan untuk menghadiri acara tersebut dari Kakak yang kebetulan menjabat menjadi sekretaris ta’mir. Didalam undangan yang ditandatangani langsung oleh ketua takmir masjid, terlihat bahwa acara dimulai tepat pukul 16:00 WIB.

Lantunan surat alquran dari pengeras suara masjid sudah terdengar hingga ke rumah sejak beberapa menit sebelum dimulainya acara, saya berangkat dengan santai karena jarak antara rumah ke masjid hanya sekitar 300 meter saja.

Setibanya saya di masjid “rumah orang-orang mukmin”, saya bersalaman dengan beberapa pengurus takmir dan amil zakat masjid yang sudah berkumpul. Di tengah-tengah podium sederhana, tampak pula Ibu Kepala Desa Suruh, Ibu Ismani dan seorang perangkat desa serta ketua takmir masjid, Bapak Achmad Jamali. Saya mendatangi mereka dan bersalaman.

Tampak sepanduk yang menghiasi podium yang bertuliskan “Melangkah Bersama Saling Berbagi” merupakan tema yang diangkat pada acara berbuka puasa bersama dan santunan anak yatim, kali ini.

Saya mengambil tempat duduk dekat dengan pilar masjid, lumayan buat sendenan.

Tidak lama kemudian ketua takmir mulai membuka acara. “Sambil menunggu kedatangan para undangan, mari bersama-sama kita meluangkan waktu ini untuk istighosah” kata Pak Jamali seraya membuka acara.

Pembacaan kalimat thoyyibah berlangsung dengan penuh kekhidmatan. Satu persatu para undangan datang dan memeuhi tempat yang telah disediakan. Anak-anak yatim dusun Suruh pun juga mulai berdatangan satu-per-satu, mereka langsung dipersilahkan dengan hormat oleh panitia acara dan mendapatkan tempat duduk kehormatan, yaitu didepan para undangan.

Seiring selesainya pembacaan kalimat thoyyibah, seluruh undangan sudah memadati tempat acara. Kendali acara beralih ke Mas Sis selaku sekretaris takmir masjid Baitul Mukmin.

Secara garis besar, acara berbuka puasa bersama dan santunan anak yatim ini didahului dengan pembukaan yang disampaikan oleh Mas Sis selaku pembawa acara, sambutan oleh Kepala Desa Suruh, Ibu Ismani, sambutan oleh ketua takmir masjid Baitul Mukmin, dilanjutkan dengan pembacaan sholawat dan pembagian santunan terhadap anak yatim.

Pembukaan

Assalamualaikum wr. wb.

Ucapan salam dari pembawa acara mengawali dimulainya acara inti pada sore itu. Diiringi rasa syukur atas segala rahmat dan hidayah Allah SWT, Mas Sis membuka acara berbuka puasa bersama dan santunan anak yatim.

Dalam sambutannya, Mas Sis mewakili seluruh jajaran takmir masjid mengucapkan rasa terima kasih banyak atas dukungan dari pemerintah desa beserta perangkatnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada segenap undangan yang hadir.

Kemudian Mas Sis membacakan susunan acara pada sore itu, berikut susunan acaranya:

  1. Sambutan oleh Kepala Desa.
  2. Sambutan oleh ketua takmir masjid Baitul Mukmin.
  3. Santunan terhadap anak yatim.
  4. Penutup dan do’a bersama.
  5. Buka puasa bersama.

“Demikian susunan acara pada acara kali ini, dari saya, apabila ada kata yang tidak sesuai, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Assalamualaikum wr. wb.” Katanya sembari menutup sambutan dan mempersilahkan ke Kepala Desa untuk memberikan sambutannya.

Sambutan Kepala Desa Suruh

Sekilas tentang Kepala Desa Suruh. Ibu Is atau Ibu Ismani, begitu sapaan akrab Bu Kades Desa Suruh, Kec. Sukodono, kepala desa ke-6 dan merupakan kepala desa perempuan pertama pada sistem pemerintahan Desa Suruh (saat ini, periode 2016/2022).

“Assalamu’alaikum wr. wb., salam sejahtera bagi kita semuanya” ucapan salam beliau saat membuka sambutan. “Puji syukur selalu terpanjatkan kepada Allah SWT, atas karunianya kita dapat berkumpul disini” lanjut beliau. “Terima kasih banyak kepada ketua takmir masjid Baitul Mukmin beserta jajarannya, badan baziz masjid Baitul Mukmin beserta anggotanya. Sunggu, ini adalah kesembatan yang sangat bahagia bagi saya, bisa hadir di acara buka bersama dan santunan anak yatim…” sampai pada kata ‘anak yatim’, Bu Ismani tidak bisa melanjutkan kata-katanya. Yah, beliau menangis.

Tentu hal tersebut sangatlah wajar, karena Ibu Ismani memposisikan dirinya sebagai ibu bagi semua anak yang ada di Desa Suruh. Anak-anak tersebut adalah generasi yang harus dijaga, diayomi dan dibesarkan dengan baik, demi kualitas karakter masa depan. Tidak hanya bagi desanya sebagai tempat tinggal, melainkan demi bangsa dan negara. Itu hanya hasil yang dapat saya simpulkan saat momen tersebut.

Sambutan-pun dilanjutkan oleh ketua takmir masjid Baitul Mukmin.

Sambutan Ketua Takmir Masjid “Baitul Mukmin”

Pak Jamali, begitu sapaan akrabnya di masyarakat. Beliau memulai pembukaan dengan mengucapkan salam “Assalamu’alaikum wr. wb.” dan diiringi dengan kata pengantar berbahasa arab.

Bulan Ramadhan begitu sangat istimewa bagi seluruh ummat Islam dimanapun berada, semua pahala dilipat-gandakan oleh Allah S. W. T., perumaannya jika kita melakukan satu kebajikan di dalam bulan ramadhan, maka Allah akan melipat-gandakannya menjadi 70 kali lipat (HR. Muslim). Disaming itu bulan ramadhan menjadi bulan yang lebih baik dari seribu bulan (QS. Al-Qadr, 2) karena pada malam-malam tertentu di bulan ramadhan Allah menurunkan “Lailatul Qadr”. Tutur beliau memulai.

“Maka dari itu, kami memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya untuk berbagi dengan sesama” ujarnya.

Beliau juga merinci dengan detail perolehan anggaran yang digunakan untuk santunan kepada anak yatim, hanya saja saya lupa hitungannya, yang pasti hasil dana tersebut didapat dari badan bazis (badan amal, zakat, infaq dan shodaqoh) masjid melalui “kotak berjalan” setiap ada arisan RT (Rukun Tetangga), bantuan yang diberikan oleh pemerintah Desa Suruh, hingga sodaqoh langsung dari warga maupun donatur. Total (kurang lebih) ada 10 anak yatim dan masing-masing dari mereka mendapatkan (kurang lebih) Rp. 800.000-, yang sudah dikemas dalam amplop. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Beliau juga sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah desa dalam acara ini. “Saya mewakili jajaran takmir masjid Baitul Mukmin dan bazis, mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan pemerintah Desa Suruh atas dukungannya menyukseskan acara ini” ujar Pak Jamali.

Jazakumullahu khoiron katsiiroo, Wassalamu’alaikum wr. wb.” sembari menutup sambutan.

Santunan Terhadap Anak Yatim

Memasuki acara inti yang dipandu langsung oleh Pak Jamali, beliau memulainya dengan membaca sholawat nabi sembari berdiri, diikuti oleh para undangan dan beberapa anak yatim yang hadir.

Ibu Ismani, bazis dan para donatur bersiap untuk memberikan santunannya, mereka menghampiri anak-anak dan memberikannya langsung, dimulai dari urutan paling kiri, bergantian. Suasana sangat haru. Ibu Ismani tampak memeluk mereka satu-per-satu.

Setelah semua menerima santunan, kini giliran anak-anak tersebut bersalaman dengan para tamu undangan. Dimulai dari pemberi santunan, memutar hingga saya, karena saya memilih tempat duduk paling ujung. Yah, saya-pun turut merasa suka cita dan haru, meskipun belum ada satupun yang dapat saya berikan untuk mereka selain hal kecil ini, menghadiri undangan. Agenda ini diakhiri dengan foto bersama.

Hadirin dipersilahkan duduk kembali dan acara diakhiri dengan do’a bersama. Setelah membacakan do’a, sembari menunggu adzan maghrib, beberapa panitia membagikan es buah kepada semua hadirin yang hadir ditempat, disusul dengan pembagian nasi kotak untuk berbuka puasanya.

“Allahu akbar… Allahu akbar” Suara adzan maghrib telah berkumandang, semua hadirin segera berbuka dengan takjil yang sudah dihidangkan, es buah, selanjutnya sebagian melanjutkan berbuka puasa, sebagian bersiap mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah.

Demikianlah kegiatan buka puasa bersama dan membagikan santunan anak yatim di masjid Baitul Mukmin yang telah dilaksanakan. Semoga amal dan shodaqoh yang mengalir untuk acara ini diterima oleh Allah SWT, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.